Cara Membuat Template Blog Sendiri Secara Offline Dan Online - DANA KAGET
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Template Blog Sendiri Secara Offline Dan Online

cara membuat template blog sendiri secara offline,template blogger keren dan ringan,cara membuat template blogger responsive,cara membuat template blog dengan software,dana kaget,

Untuk kalian yang memiliki blog pastinya setuju jika template blog merupakan cerminan dari sebuah blog. Jadi bisa dikatakan template ini sifatnya personal sehingga lebih disesuaikan dengan pemilik blog itu sendiri. Untuk pembuatannya template ini bisa dilakukan dengan dua acara yaitu offline maupun online.

Tentunya cara membuat cara membuat template blog sendiri secara offline tidak akan sama dengan membuat secara online. Bisa dikatakan membuat secara online tergolong lebih mudah karena saat ini sudah banyak tersedia dan kalian cukup menggunakannya saja.

Kriteria Dalam Pembuatan Template

Bagi kalian yang menginginkan sebuah tantangan tentunya membuat template sendiri mulai dari nol bisa dicoba. Namun membuat template tidak boleh dilakukan sembarangan harus ada kriteria minimal yang dipenuhi seperti berikut ini.

1. Desainnya mudah diatur

2. Kemudahan dalam penambahan dan pengurangan fitur

3. Ringan dan fast loading

4. Tampilan responsif sehingga bisa digunakan pada ukuran layer berapa pun

5. SEO Friendly

6. Valid HTML5

Cara Membuat Template Offline

Untuk pembuatan secara offline sebaiknya kalian belajar dahulu menggunakan blog yang baru, jadi usahakan jangan menggunakan blog utama. Pastikan untuk menghapus seluruh kode template yang ada sebelumnya dengan menekan (Ctrl+A) dan untuk selanjutnya tekan delete maupun backspace.

1. Membuat XML dan HTML

Langkah selanjutnya yaitu kalian membuat struktur untuk XML dan HTML. Nantinya kalian hanya perlu untuk mengcopy beberapa kode berikut untuk nantinya dicopy dan paste pada template editor. Kode tersebut seperti <head>, </head>, <body>, </body>, </HTML> dan masih banyak lainnya.

Saat kalian mengcopy dan paste namun error biasanya terjadi karena ada masalah pada pengaturan tampilan. Biasanya hal itu muncul dikarenakan kalian belum mengatur tampilan blog dan yang berperan akan hal ini adalah CSS. Maka dari itu solusinya tentu saja kalian harus menambahkan CSS terlebih dahulu.

2. Menambah CSS

Langkah selanjutnya yaitu penambahan CSS dan secara default akan diletakan pada bagian diantara tag b:skin serta penutupnya. Namun untuk mengatasi error tadi kalian bisa meletakan CSS pada bagian head dan simpan.

Agar tidak terjadi error lagi maka pastikan jika kalian sudah menampilkan sesuatu di blog. Fungsi-fungsi yang ada pada blog tentunya harus dimunculkan pada template buatan kalian caranya dengan memakai tag b:section. Nantinya setelah menambahkan itu blog kalian sudah bisa ditampilkan menggunakan template buatan sendiri.

Menambahkan title

Bagi kalian yang ingin membuat judul blog itu muncul pada bagian tab browser maka kalian perlu menyusupkan tag seperti <title><data:blog.title/></title>. Kemudian masukan tag title tadi ke dalam bagian head dan jangan lupa disimpan.

Cara Membuat Template Online

Cara selanjutnya yaitu kalian bisa membuat template blog secara online. Caranya tentu saja akan lebih mudah karena sudah tersedia beragam peralatan yang berguna untuk mempermudah dalam proses pengeditan template. Sehingga ini akan sangat cocok bagi kalian yang terlalu sulit memahami bahasa pemrograman yang tergolong sederhana sekalipun.

Namun sebelum membuat template online pastikan perangkat yang digunakan sudah terhubung dengan internet. Akan lebih baik lagi jika kalian menggunakan jaringan wifi bukan paket data, hal itu dikarenakan jika menggunakan paket data akan banyak kuota yang terbuang.

Kalian hanya perlu masuk ke situs pembuatan template online dan lakukan pengeditan disana. Buat fitur sesuai dengan keinginan dan jangan lupa untuk disimpan untuk dipergunakan untuk blog kalian nantinya. 

Jadi itulah informasi singkat mengenai bagaimana cara membuat template blog sendiri secara offline dan juga online. Semoga informasi diatas bisa membantu kalian terutama yang ingin mencoba sendiri membuat template untuk blog.