Cara Membuat Tulisan Berjalan Pada Blog Secara Mudah - DANA KAGET
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tulisan Berjalan Pada Blog Secara Mudah

Saat kalian menyaksikan tayangan televisi akan terdapat potongan tulisan berupa informasi yang akan disampaikan kepada para penonton. Potongan tadi lebih dikenal dengan sebutan teks berjalan atau running teks. Untuk di dunia HTML, running teks ini disebut dengan istilah marquee, untuk ruang lingkupnya tidak hanya teks saja namun juga gambar yang dibuat berjalan.

cara membuat tulisan berjalan pada blog,dana kaget,

Merquee ini cukup menarik maka tidak mengherankan jika para pemilik blog membuatnya, bahkan cara membuat tulisan berjalan pada blog tidak terlalu sulit. Sebelum membahas lebih jauh mengenai bagaimana cara membuat running teks ini. Ada baiknya kalian ketahui apa sebenarnya marquee itu dan juga kegunaannya di dalam blog agar kalian lebih paham lagi.

Cara Membuat Tulisan Berjalan Pada Blog

Mengenal Apa Itu Marquee

Marquee merupakan tag HTML yang memiliki fungsi untuk menjalankan gambar, teks dan lainnya. Saat kalian melihat di televisi running teks biasanya digunakan untuk berita penting, namun di blog dipergunakan untuk iklan baris.

Tampilan semacam ini biasanya akan mudah kalian temukan pada landing page yang memang bertujuan menawarkan pada pengunjung yang datang. Iklan tersebut biasanya berisikan penawaran-penawaran khusus, semakin banyak berulang tentu membuat banyak pengunjung menjadi penasaran dengan produk itu.

Tag Marquee

Namun marquee ini tidak selalu dipergunakan untuk iklan baris namun juga bisa untuk kegunaan lain. Marquee ini memiliki beberapa atribut atau tag marquee, ini penting untuk kalian ketahui sebelum mulai membuatnya.

  1. Bgcolor: tag ini memiliki fungsi untuk melakukan pengaturan untuk text marquee.
  2. Scrollamount: berguna untuk melakukan pengaturan kecepatan pada gerakan text.
  3. Direction: tag ini memiliki kegunaan untuk melakukan pengaturan gerakan text (down, up, right, left)
  4. Width: berfungsi untuk melakukan pengaturan pada lebar area gerakan.
  5. Height: sesuai dengan namanya tag ini berguna untuk mengatur tinggi area gerakan.
  6. Behaviour: tag ini memiliki fungsi mengatur efek pada gerakan.
  7. Align: berguna untuk melakukan pengaturan posisi.
  8. Onmouseout: berguna menjalankan effect pada saat mouse menjauh
  9. Onmouseover: berguna untuk memberhentikan effect pada saat mouse mendekat.

Contoh Pembuatan Marquee

Setelah mengetahui tag marquee maka lanjut ke informasi selanjutnya yaitu cara membuatnya. Caranya sangat mudah dan ada beberapa langkah dasar yang bisa kalian ketahui dengan menyimak informasi berikut.

  • Kode dasar

Sebagai dasar tentunya tampilan teks defaultnya yaitu berjalan mulai dari kanan menuju ke kiri. Teks itu akan berjalan secara berulang-ulang. Contoh kodenya yaitu <marquee>runningteks</marquee>, untuk kata running teks bisa kalian ganti dengan kata lain sesuai kebutuhan.

  • Loop 

Untuk selanjutnya yaitu loop untuk menentukan pengulangan dan tentunya kalian bisa melakukan pengulangan sesuai kebutuhan. Untuk kalian yang ingin melakukan pengulangan pada kata runningteks sebanyak 3 kali maka tulis <marquee loop=”3”>runningteks</marquee>.

  • Jeda waktu

Cara selanjutnya digunakan untuk menerapkan jeda waktu pada marquee dan dikenal dengan istilah scroll delay. Untuk angka 500 ini memiliki satuan berupa milidetik, jadi akan sama dengan 0,5 detik. Jadi untuk marquee yang akan berjalan setiap 0,5 detik bisa diterapkan <marquee scrolldelay=”500”>runningteks</marquee>.

  • Background marquee

Marquee yang terlihat polos tentu saja akan terasa membosankan dan kalian bisa memberikan warna menggunakan bgcolor. Setiap warna memiliki kode sebagai contoh FFF300 untuk kuning dan tentunya bisa diganti lainnya, contohnya begini <marquee bgcolor=”FFF300”>runningteks</marquee>.

Jad itulah beberapa contoh cara membuat tulisan berjalan pada blog atau yang dikenal dengan marquee. Tulisan bisa dibuat sesuai kebutuhan tinggal gunakan saja tag marquee yang diinginkan seperti yang sudah disebutkan diatas.