Cara Membuat Web Server Di Windows 7 Sangat Mudah - DANA KAGET
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Web Server Di Windows 7 Sangat Mudah

Semakin berkembangnya teknologi tentu saja membuat kalian lebih memahami bahwa teknologi itu bisa menguntungkan. Banyak hal yang bisa kalian pelajari salah satunya berupa web server, bahkan informasi cara membuat web server di Windows 7 juga bisa diperoleh dengan mudah.

cara membuat web server di Windows 7,dana kaget,

Saat berselancar ke dunia maya tentu saja kalian menggunakan browser dan ini erat kaitannya dengan web browser. Kalian tentunya bertanya-tanya apa keterkaitan diantara keduanya, sebenarnya browser ini memiliki peran sebagai klien yang mengirimkan berbagai macam permintaan ke web server.

Pengertian Web Server

Web server ini merupakan sebuah software atau perangkat lunak yang mempunyai layanan dalam bentuk data. Nantinya memiliki fungsi untuk menerima beragam permintaan HTTP atau HTTPS yang diperoleh melalui klien dan ini dikenal dengan web browser semacam Firefox, Chrome dan lainnya. Web server nantinya akan memberikan respon berupa halaman web yang bisa kalian lihat.

Untuk fungsinya sendiri bisa berguna untuk membersihkan cache yang ada pada penyimpanan ataupun dokumen yang sudah tidak terpakai. Fungsi lainnya menyediakan data yang didasarkan pada request yang masuk sehingga nantinya bisa menjamin keamanan system dan beragam fungsi lainnya.

Cara Membuat Web Server

Bagi kalian yang ingin membuat web server sendiri di Windows juga bisa dilakukan dengan mudah. Nyatanya bagi beberapa orang saat ini memiliki website sendiri merupakan suatu kebutuhan, bagi kalian yang tertarik membuatnya maka berikut ini adalah caranya.

1. Menggunakan Microsoft IIS

Cara yang pertama dengan memanfaatkan Microsoft IIS atau Internet Information Services dan system ini sudah tersedia di Windows namun tidak aktif secara default. Untuk mengaktifkannya sangatlah mudah kalian cari saja di search bar berupa “Turn Windows Feature On or Off” dan klik untuk membuka.

Setelah terbuka maka pada bagian internet information service kalian centang dan klik ok. Jika proses sudah selesai, pada kolom pencarian ketikan saja IIS dan buka bagian internet information service manager.

Pada connections klik dropdown yang letaknya pada bagian kiri sites. Nantinya kalian akan menemukan beragam daftar website yang tersedia di Windows kalian. Untuk kalian yang baru mengaktifkan maka akan ada default website saja. Kalian bisa menambahkan website baru dengan mengklik add website yang ada pada panel bagian kanan.

Nantinya di bagian site name kalian masukan saja detail web yang diinginkan. Sedangkan untuk bagian physical path, kalian bisa browse serta membuat folder root. Untuk defaultnya nantinya bisa disimpan dengan cara membuat sub folder pada bagian C:\inetpub\wwwroot.

Sebenarnya untuk kalian yang memiliki static IP bisa mengisikannya pada bagian kolom yang telah disediakan. Namun untuk kalian yang membuat local web server maka hal itu tidak perlu dilakukan dan biarkan saja kolom IPnya default.

Untuk bagian hostname nantinya kalian bisa bebas mengisinya sesuai dengan keinginan. Setelah jadi kalian buka saja browser dan akses bagian localhost dengan nama kalian. Nantinya website kalian sudah bisa diakses pada bagian local web server Windows.

2. Menggunakan XAMPP

Cara lainnya bisa menggunakan XAMPP dengan cara menginstallnya terlebih dahulu. Usahakan jangan menempatkannya pada drive C. Tidak perlu waktu lama lagi karena kalian cukup meletakan folder root website pada folder instalasi berupa xampp\htdocs\. Setelah selesai maka kalian bisa mengaksesnya.

Jadi itulah cara membuat web server di Windows 7 ataupun seri Windows lainnya. Caranya sangat mudah san bisa dipraktikkan siapa pun, jadi tunggu apa lagi segera praktikan dan buat websitemu sendiri.