Cara Sederhana Membuat Google Cardboard Sendiri Di Rumah - DANA KAGET
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Sederhana Membuat Google Cardboard Sendiri Di Rumah

Anda pasti sudah sangat sering mendengar apa itu Google cardboard. Memang benda yang satu ini akhir-akhir ini sangat populer di kalangan banyak orang. Dan benda ini hampir dikenal oleh seluruh masyarakat yang ada di dunia ini. Tidak heran jika ada semakin banyak orang yang ingin membuatnya sendiri di rumah.

cara membuat Google cardboard sendiri,dana kaget,

Google cardboard sendiri adalah sebuah konsep yang sangat unik, dimana Google cardboard adalah sebuah perangkat headset yang bisa Anda buat sendiri di rumah yang berfungsi untuk dijadikan sebagai kacamata VR atau virtual reality. Dan cara untuk cara membuat Google cardboard sendiri di rumah bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat.

Jadi Google karbon ini berfungsi si untuk agar seseorang dapat melihat video di YouTube interaktif supaya mereka bisa merasakan seperti ketika sedang menonton film di bioskop. Jadi dengan menggunakan Google cardboard tersebut tampilan video yang disaksikan akan menjadi seperti nyata.

Tentu saja sudah bisa dibayangkan betapa menyenangkannya ketika seseorang memiliki Google cardboard tersebut dan digunakan untuk menonton tayangan video YouTube interaktif. Maka tidak heran jika informasi mengenai pembuatan Google karbon tersebut sangat banyak dicari oleh orang di seluruh dunia.

Langkah – Langkah Membuat Google Cardboard Sendiri

Untuk membuat Google Cardboard langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan seluruh bahan yang dibutuhkan. Yaitu Anda harus menyiapkan bahan dasar utama dari alat ini yaitu sebuah kardus. Lalu yang penting juga Anda harus menyiapkan lensa bikonveks sebanyak 2 buah.

Anda juga akan membutuhkan magnet dalam proses pembuatan Google cardboard. Siapkan juga Velcro, karet gelang, dan NFC Tag. Pastikan seluruh alat dan bahan tersebut sudah Anda siapkan secara lengkap dan tidak ada satu alat atau bahan pun yang tertinggal, maka selanjutnya langkah untuk membuat Google Cardboard adalah sebagai berikut.

Cetak Pola Yang Dibutuhkan

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam proses pembuatan Google cardboard ini adalah Anda harus mencetak atau mengeprint terlebih dahulu pola dari Google Cardboard yang akan dibuat. Anda bisa mencari pola dari bagian-bagian Google Cardboard tersebut di internet lalu mengeprint nya sendiri di rumah menggunakan printer biasa.

Potong Kardus Berdasarkan Pola Yang Sudah Diprint

Jika sudah tempelkan bola tersebut ke permukaan kardus yang sudah disiapkan lalu potong lembaran kardus tersebut sesuai dengan bentuk pola yang sudah Anda print sebelumnya tersebut. Potonglah kardus berdasarkan pola tersebut dengan menggunakan gunting yang sebelumnya sudah Anda siapkan.

Saat memotong bagian-bagian dari Google Cardboard tersebut sebaiknya Anda tidak melewatkan satu bagian pun Karena pada saat proses perakitan nanti seluruh bagian tersebut akan dibutuhkan. Potong kardus sesuai dengan pola dengan sangat rapi agar hasil akhir nantinya menjadi bagus.

Tempatkan Lensa Sesuai Posisi

Langkah yang selanjutnya Yaitu Anda harus menempatkan lensa sesuai dengan posisi yang sudah ditentukan di dalam pola yang Anda sebelumnya tersebut. Pastikan posisi lensa tersebut sesuai karena nanti tersebut adalah tempat Anda bisa melihat video interaktif dengan menggunakan Google Cardboard tersebut.

Lipat Dan Satukan Bagian Google CCardboard

Step terakhir yang harus Anda lakukan adalah melipat dan menyatukan seluruh bagian Google Cardboard yang sudah Anda buat di awal. Pastikan tidak ada satu bagian pun yang terlewatkan agar hasil akhirnya sempurna, jadi seperti itu adalah ah bagaimana cara membuat Google Cardboard sendiri dirumah dengan sangat mudah.