7 Tips SEO Untuk Blogger Yang Efektif - DANA KAGET
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips SEO Untuk Blogger Yang Efektif

Tips SEO Untuk Blogger,cara membuat seo di blogspot,seo blogger,seo on page,sebutkan on page seo,optimasi seo adalah,teknik seo on page,cara optimasi seo on page,Tuliskan langkah awal menggunakan SEO sebagai media promosi kegiatan usaha,

Search engine optimization (SEO) mendapat rap buruk di kalangan blogger. Di satu sisi, mesin pencari adalah salah satu generator lalu lintas teratas untuk sebagian besar blog. Tetapi di sisi lain, ada keyakinan palsu bahwa menulis "konten website yang dioptimalkan SEO" berarti memasukkan keyword yang tepat ke dalam paragraf dan header, menghasilkan posting blog yang hampir tidak dapat dibaca. Namun, bukan itu masalah SEO.

Pada tingkat yang paling dasar, SEO adalah tentang menunjukkan mesin pencari seperti Google dan Bing bahwa blog Anda adalah sumber yang relevan bagi orang-orang untuk mencari informasi tentang topik / industri Anda. Mencari tahu cara menyampaikan ke mesin pencari bahwa situs web Anda relevan dengan pertanyaan yang berbeda adalah di mana banyak blogger dan pemasar tersesat. Hal ini pada akhirnya dapat mengarahkan blogger ke taktik yang berpotensi membahayakan situs web mereka.

Selalu ada tips SEO baru untuk blogger bermunculan di web. Bahkan lebih sulit bagi blogger baru untuk memahami apa yang seharusnya mereka lakukan ketika datang untuk mendapatkan konten website untuk muncul lebih tinggi di mesin pencari. Sepertinya taktik masuk populer suatu hari nanti, dan menjadi benar-benar beracun beberapa bulan kemudian.

Tips SEO Untuk Blogger

Berikut adalah tujuh tips SEO yang sangat efektif untuk blogger yang perlu Anda mulai menerapkan sekarang:

1. Menulis untuk Audiens Anda

Ketika "konten SEO" menjadi kata kunci, kami mulai melihat beberapa penurunan yang cukup besar dalam kualitas penulisan dari blogger. Mereka mulai menulis khusus untuk mesin pencari (robot) bukan orang. Sayangnya, beberapa blogger masih menulis dengan cara ini hari ini. Tapi untungnya itu menjadi jauh lebih baik, terutama setelah pembaruan Hummingbird dan tren pencarian suara.

Pembaruan Hummingbird dibuat untuk membantu Google lebih memahami maksud pencarian. Misalnya, jika Anda ke Google "tempat untuk mendapatkan burger," Google akan menafsirkan itu sebagai berarti Anda sedang mencari restoran lokal.

Ini berdampak pada SEO karena mesin pencari melayani menjawab pertanyaan dan pencarian semantik, daripada hanya berfokus pada kata kunci. Pikirkan tentang hal itu. Saat Anda menggunakan Google, Bing, YouTube, atau bahkan Siri, Anda biasanya mencari jawaban atas pertanyaan.

2. Membangun Hubungan Adalah Bentuk Terbaik dari Link Building

Mendapatkan situs web lain untuk menautkan ke konten Anda masih merupakan salah satu faktor peringkat mesin pencari terkuat menurut data dari Moz. Selama bertahun-tahun, blogger telah mencoba segalanya mulai dari situs direktori spam hingga membeli tautan dari blog berkualitas rendah untuk mendapatkan sebanyak mungkin tautan yang mengarah ke situs web mereka.

Ketika mesin pencari mulai menghukum situs yang terlibat dalam taktik membangun tautan "topi hitam", blogger dipaksa untuk menjadi lebih kreatif dengan bagaimana mereka mendapat backlink dari situs lain. Kami benci untuk memecahkannya kepada Anda, tetapi tidak ada rahasia ajaib untuk menghubungkan bangunan. Satu-satunya strategi yang telah bertahan dalam ujian waktu adalah membangun hubungan. Orang-orang menautkan ke situs yang mereka percayai.

Mulailah dengan membuat daftar situs web, influencer, dan otoritas di industri Anda. Kemudian pikirkan cara Anda bisa masuk ke radar mereka, biasanya dengan menawarkan beberapa jenis nilai kepada mereka. Misalnya, Anda dapat menyertakan pihak berwenang dalam posting roundup blogger, atau terlibat dengan situs web populer di media sosial. Domain dan hosting tidaklah diperlukan jika Kamu menggunakan blogspot.

3: Dasar-dasar SEO on-page

Dalam studi Moz yang sama yang disebutkan sebelumnya, faktor peringkat terpenting kedua adalah optimasi di halaman. Bagian yang baik tentang SEO on-page adalah Anda memiliki lebih banyak kontrol daripada faktor off-page seperti backlink. Ada banyak yang masuk ke SEO on-page, tetapi Anda tidak harus sangat teknis untuk memulai. Hanya melakukan dasar-dasar akan menempatkan Anda di depan permainan.

URL ramah SEO: URL untuk situs web Anda harus dengan jelas menunjukkan tentang apa halaman itu. Katakanlah Anda memiliki posting blog tentang sweater Natal jelek terbaik.

Alih-alih "www.yoursite.com/p=382", itu harus "www.yoursite.com/best-ugly-christmas-sweaters." Jaga URL Anda terbatas pada sekitar 2-5 kata dan sertakan kata kunci target Anda.

Judul meta: Judul meta membantu mesin pencari menentukan topik utama halaman. Itulah yang muncul di bagian atas browser Anda, dan juga dalam hasil pencarian. Sertakan kata kunci target Anda dalam judul meta Anda, tetapi tetap alami. Tidak ada isian kata kunci!

Tag H1: Setiap halaman di situs Anda harus memiliki tag H1. Ini adalah judul halaman. Jika Anda menggunakan WordPress, maka membuat judul posting akan secara otomatis diberi tag H1. Namun, terkadang tema tertentu akan menimpa fitur ini sehingga selalu menyenangkan untuk melakukan pemeriksaan ganda.

Subpos: Selain tag H1, Anda juga harus menggunakan tag subpos seperti h2 dan h3 untuk menyusun posting Anda dengan jelas. Subpos memudahkan pembaca dan mesin pencari untuk menavigasi konten Anda.

Gambar: Menambahkan multimedia di posting Anda membuatnya lebih menarik secara visual. Ketika datang untuk mengoptimalkan gambar Anda, salah satu tugas yang paling penting adalah mengatur tag alt. Karena bot mesin pencari tidak melihat visual dan hanya teks, tag alt memungkinkan mereka untuk mengetahui konten gambar. Tag alt Anda harus menjelaskan gambar yang Anda tambahkan.

Tautan keluar: Menambahkan tautan ke konten yang relevan dalam posting Anda membantu mesin pencari lebih memahami apa topik konten Anda. Tidak hanya itu, Tetapi Anda dapat menjangkau situs yang Anda tautkan dan membangun hubungan. Pada gilirannya, mereka mungkin berbagi posting Anda dengan audiens mereka.

Tautan internal: Jika Anda sudah blogging untuk sementara waktu, Anda harus memiliki perpustakaan konten yang solid yang dapat Anda interlink. Menambahkan tautan internal link(tautan dari salah satu posting Anda ke posting lain di situs Anda) membantu mesin pencari lebih memahami topik konten blog Anda, dan membuat orang-orang di situs Anda lebih lama.

Kegunaan: Kedengarannya sederhana, tetapi begitu banyak blogger mengabaikan pentingnya memiliki situs yang berfungsi dengan benar. Apakah semua gambar dalam konten Anda berfungsi? Apakah ada link yang rusak? Apakah konten Anda dimuat dengan cepat?

Semua faktor ini mempengaruhi pengalaman pengguna, yang sangat penting untuk SEO on-page. Kami akan membahas beberapa alat yang berbeda untuk membantu Anda memeriksa dan memperbaiki potensi masalah kegunaan di situs Anda di tip No. 6.

Itu adalah beberapa langkah dasar yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan SEO on-page Anda. Tujuannya adalah untuk memudahkan mesin pencari memahami topik konten Anda. Semakin relevan konten Anda, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari.

4: Kenali Alat Webmaster Google

Ketika sesuatu yang mencurigakan terjadi dengan blog Anda, Google Webmaster Tools akan memberi Anda kepala dengan memberi Anda diagnostik, alat, dan data untuk menjaga situs Anda dalam kesehatan yang baik. Dari Konsol Pencarian Alat Webmaster, Anda dapat melihat:

  • Berapa banyak halaman Anda yang diindeks di Google?
  • Jika bot Google mengalami masalah merayapi situs web Anda
  • Jika situs web Anda telah diretas
  • Bagaimana situs web Anda muncul untuk bot Google
  • Tautan ke situs Anda
  • Jika situs Anda telah dihukum secara manual oleh Google

Keindahan Alat Webmaster adalah tidak hanya memberi tahu Anda apa yang salah dengan situs Anda, tetapi juga cara memperbaikinya. Ada basis pengetahuan yang luas dari artikel dan forum untuk membantu Anda menangani masalah apa pun yang ditemukan Google dengan blog Anda.

5. Bangun Otoritas Anda

Konten Anda harus menunjukkan bahwa situs web Anda atau orang-orang yang berkontribusi pada konten di blog Anda, kredibel dan memiliki beberapa tingkat keahlian pada topik yang dibahas.

Konten otoritatif tidak selalu hanya berarti ditulis oleh orang terkenal. Membuat blog konten yang merupakan sumber daya terbaik tentang topik tersebut dapat memenuhi syarat. Misalnya, jika Anda menulis posting blog yang mendalam tentang cara menginstal kartu grafis di komputer, dan memiliki lebih banyak detail dan informasi daripada posting di situs yang lebih terkenal, konten Anda masih bisa lebih otoritatif.

Ketika Anda mulai membuat konten dan jaringan yang lebih hebat, blog Anda akan mulai disebutkan di web, yang akan membantu membangun otoritas Anda lebih banyak lagi.

6. Berinvestasi dalam Alat SEO

Sama seperti dengan pemasaran media sosial, SEO adalah sesuatu yang dapat ditangani secara manual, tetapi lebih efisien untuk menggunakan alat. Ada ratusan alat SEO yang tersedia untuk membantu berbagai aspek optimasi. Berikut adalah beberapa dasar-dasar untuk anda mulai:

Penelitian kata kunci: Penelitian kata kunci adalah salah satu bagian terpenting dari SEO. Anda ingin memastikan bahwa Anda membuat konten tentang topik yang dicari audiens target Anda. Selain brainstorming, Anda dapat menggunakan alat-alat ini untuk merampingkan proses penelitian kata kunci:

7. Perencana Kata Kunci Google

KeywordTool.io

Pelacakan Peringkat: Meskipun peringkat kata kunci kehilangan beberapa relevansinya karena hasil pencarian yang dipersonalisasi menjadi lebih populer, alat pelacakan peringkat akan memberi Anda perkiraan posisi apa yang muncul konten Anda dalam hasil pencarian untuk menggunakan kata kunci target Anda. Berikut adalah beberapa opsi yang perlu dipertimbangkan:

Searchmetrics

SEO On-Page: Secara manual mencoba memastikan bahwa Anda menekan semua yang ada di daftar pengoptimalan di halaman yang kami sebutkan sebelumnya bisa membosankan. Untungnya, alat-alat ini dapat menangani pekerjaan kotor untuk Anda.

Yoast (untuk pengguna WordPress)

Link Building: Seperti yang kami sebutkan, mendapatkan situs lain untuk menautkan kembali kepada Anda adalah salah satu faktor peringkat mesin pencari teratas. Anda tidak boleh menggunakan perangkat lunak pembuatan tautan otomatis, tetapi alat-alat ini membuatnya lebih mudah untuk menemukan peluang baru untuk mendapatkan backlink asli.

Ahrefs

BuzzStream

Majestic

Pembuatan Konten: Anda tidak hanya perlu menargetkan kata kunci yang tepat, tetapi Anda juga perlu diperhatikan cara menulis topik yang menarik bagi audiens Anda. Datang dengan ide-ide baru untuk konten jauh lebih mudah dengan alat-alat ini.

BuzzSumo

Scoop.it

Alat All-in-one: Selain alat-alat ini, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan alat all-in-one ini yang melakukan beberapa tugas terkait SEO yang berbeda.

Moz Pro

SEMrush

SEO Tidak Harus Rumit

Mudah-mudahan tips SEO ini telah memberi Anda pandangan baru tentang cara menggunakan mesin pencari untuk mendapatkan lalu lintas untuk blog Anda. Anda tidak harus menjadi pengembang Web atau memiliki 15 tahun pengalaman dengan SEO untuk mengoptimalkan situs Anda. Fokus pada pembuatan konten yang luar biasa (dengan SEO on-page yang tepat) dan membangun hubungan.

Lain kali Anda mulai menulis posting blog, ingatlah tips SEO ini. Anda mungkin akan terkejut dengan seberapa besar dampak perubahan ini.