Bagaimana Cara Menghindari Skimming? - DANA KAGET
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Menghindari Skimming?

Skimming adalah modus kejahatan yang menghantui dunia perbankan. Bila kartu ATM terkena skimming, saldo rekening dapat musnah saat itu juga.

Karenanya, penting pahami langkah penangkalan skimming. Beberapa ciri rekening terkena skimming harus tahu untuk yang tidak mau punyai pengalaman terkena skimming.

Bagaimana Cara Menghindari Skimming,

Berkaitan ini, BCA lewat situs resminya pernah sampaikan panduan supaya nasabahnya terbebas dari bahaya kejahatan skimming.

Simak juga:

Apa Itu Card Skimming yang Dapat Buat Saldo Rekening Musnah?

BCA sampaikan informasi-informasi berkenaan apakah yang dimaksud skimming supaya nasabah memahami mengenai pengertian skimming.

Makna skimming kartu ATM

Diambil dari situs sah BCA pada Selasa (29/3/2022), skimming ialah aksi perampokan info kartu baik debet atau credit dengan mengopi info yang ada pada strip magnetik kartu.

Strip magnetik kartu ialah garis lebar hitam yang berada pada bagian belakang kartu. Strip magnetik ini sebagai tempat disimpannya info tentang kartu itu.

Adapun beberapa ciri rekening terkena skimming biasanya ada transaksi bisnis yang meresahkan. Saldo dapat mendadak menyusut walau sebenarnya nasabah tidak berasa lakukan transaksi bisnis.

Simak juga: 

BI Fast BCA: Langkah Transfer BCA ke Bank Lain dengan Ongkos Rp 2.500

"Jika ada transaksi bisnis yang meresahkan dari rekeningmu, karena itu BCA akan memberitahukan kamu untuk selekasnya menukar kartu atau PIN," catat BCA.

Proses berlangsungnya skimming

Berkaitan proses kartu ATM terkena skimming atau yang umum disebutkan dengan modus skimming, BCA menerangkan jika proses skimming dilaksanakan memakai alat skimming.

Alat itu biasa disebutkan skimmer, yang ditempelkan pada slots kartu di mesin ATM. Skimmer ini biasa dibikin seperti wujud mulut slots kartu ATM, hingga sepintas kelihatan sama.

Saat kartu dimasukkan pada ATM dan lewat skimmer yang ditempelkan itu, karena itu skimmer akan merekam info dari kartu itu.

Seterusnya, spy kamera yang ditempatkan aktor secara terselinap akan merekam saat nasabah masukkan PIN di keyboard mesin ATM.

Simak juga: 

Gampang, Ini Langkah Isi e-Toll Flazz BCA Melalui m-Banking BCA

Selanjutnya, aktor langsung bisa menduplikat kartu ATM memakai data yang sudah didapat dari alat skimming ke kartu yang lain masih kosong.

Aktor dapat memakai kartu duplikat itu di ATM seperti kartu ATM korban skimming, dengan PIN yang didapat lewat rekaman spy kamera.

Keterangan berkaitan modus skimming adalah info yang harus tahu untuk nasabah yang tidak ingin punyai pengalaman terkena skimming kartu ATM.

Simak juga: 

Cemas Saldo Hilang karena Card Skimming? Tidak boleh Asal Gesek Kartu ATM!

Bagaimana Cara Menghindari Skimming?

Selanjutnya, BCA memberi beberapa tips menahan terserang skimming. Berikut langkah penangkalan skimming yang dapat dilaksanakan oleh nasabah:

- Tutupi tangan saat memasukkan PIN

- Lakukan untuk tutup tangan saat memasukkan PIN ke mesin ATM. Ini menahan aktor ketahui PIN ATM lewat rekaman spy kamera. Selainnya di mesin ATM, lakukan untuk tutup tangan saat memasukkan PIN di mesin EDC atau di lain tempat.

- Check mesin ATM yang hendak dipakai

- Lakukan untuk mengecek mesin ATM saat sebelum masukkan kartu. Jika menyaksikan ada benda atau alat meresahkan, seharusnya nasabah tidak memakai mesin ATM itu dan menyampaikannya ke Halo BCA 1500 888.

- Lihat lokasi mesin ATM

- Aktor skimming ialah yang umumnya lebih membidik ATM yang berada di wilayah yang sepi dan yang tidak dipantau secara ketat. Karena itu, seharusnya yakinkan ATM yang hendak dipakai dipantau oleh CCTV dan berada di lokasi yang aman.

- Tukar PIN secara periodik

- Untuk menahan aktor menjebol ATM, sebaiknya nasabah menukar PIN Kartu secara periodik.

- Tukar kartu ATM jadi kartu berbasiskan chip

- Modus skimming ialah ambil data dari strip magnetik kartu, dengan memakai kartu berbasiskan chip karena itu nasabah semakin lebih terlindung dari modus skimming ini. Kartu berbasiskan chip semakin aman karena data yang ada dalam chip terenkripsi hingga tidak bisa dibaca saat kartu lewat skimmer.