Cara Perpanjang SIM Online Anti Ribet ! - DANA KAGET
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Perpanjang SIM Online Anti Ribet !

cara perpanjang sim online, bagaimana cara perpanjang sim online, cara perpanjang sim a online, cara perpanjang sim online bogor, cara online perpanjang sim, perpanjang sim online,dana kaget,

Setiap pengendara kendaraan bermotor diwajibkan memiliki Surat Izin Mengemudi ( SIM ), sesuai amanat dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009.  Apabila pengemudi kendaraan bermotor tanpa memiliki SIM akan dikenakan pidana kurungan paling lama 3 bulan atau denda maksimal Rp 1 juta rupiah.

Biaya perpanjangan SIM

Biaya untuk perpanjangan SIM sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016.  Untuk perpanjang SIM A dikenakan biaya sebesar Rp 80.000 dan SIM C sebesar Rp 75.000.

Namun, ada juga biaya tambahan lainnya, yakni untuk cek kesehatan sebesar Rp 25.000 dan asuransi Rp 30.000.  Isi data permohonan SIM baru. Input kode verifikasi, kemudian tekan tombol kirim. Bukti registrasi perpanjangan SIM akan dikirim melalui email.

Pemilik SIM melakukan pembayaran perpanjangan SIM melalui BRI. Biaya BNBP perpanjangan SIM sesuai PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis BNBP yang berlaku.  Surat keterangan kesehatan mata menjadi salah satu syarat perpanjang SIM.

Perpanjangan SIM online juga dapat dilakukan melalui aplikasi

Berikut cara cara online perpanjang SIM online via aplikasi:.  Buat PIN untuk keamanan.  Verifikasi KTP dengan mengambil swafoto.  Pada halaman utama, pilih menu "SIM", lalu klik "Perpanjangan SIM".

Lanjutkan dengan memilih jenis SIM.

Akan muncul beberapa syarat untuk melanjutkan proses.  Masukkan nomor SIM dan dokumen berupa foto fisik KTP, foto fisik SIM, dan tanda tangan di atas kertas putih, pas foto dengan background biru tidak menggunakan kacamata dan penutup kepala seperti topi/peci, dan tidak menggunakan baju berwarna hijau.

Cara Perpanjang SIM A Online

Isi data untuk keperluan SIM seperti nama lengkap sesuai KTP, alamat, golongan darah, pekerjaan, dan lainnya. Setelah mengisi seluruh data, Anda akan menuju laman https://erikkes.id/ untuk melakukan tes kesehatan.

Kunjungi http://app.eppsi.id/ untuk melakukan pemeriksaan psikologi.

Situs tersebut hanya bisa diakses lewat mobile.  Setelah hasil tes kesehatan dan psikologi tercentang, Anda akan masuk ke tahap selanjutnya yaitu memilih lokasi Satpas sebagai lokasi penerbitan SIM. 

Langkah pembayaran:.  Masuk ke menu rekening pengembalian dan isi rekening Anda. Rekening pengembalian berguna jika pengajuan SIM yang Anda lakukan gagal sehingga dana dapat dikembalikan secara langsung melalui rekening tersebut.

Masuk ke menu pengambilan. Pengguna dapat memilih untuk pengambilan sendiri langsung ke kantor Satpas, dikirim melalui kurir, atau diwakilkan oleh orang lain dengan syarat menggunakan surat kuasa.

Masuk ke menu pembayaran. Pengguna akan diarahkan untuk membayar melalui BNI Virtual Account.  Setelah berhasil, tunggu kurang lebih 3 hari kerja sampai pembuatan SIM selesai dibuat. Anda juga dapat memantau perkembangan SIM Anda di menu transaksi.

Aplikasi Digital Korlantas POLRI

Perpanjangan surat izin mengemudi ( SIM ) kini dapat dilakukan lebih efisien dan tidak perlu antre berjam-jam di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas). Pasalnya, masyarakat bisa memperpanang SIM secara online dengan memanfaatkan aplikasi Digital Korlantas.

Aplikasi Digital Korlantas merupakan aplikasi resmi dari Korlantas Polri yang diluncurkan tahun 2012 lalu. Aplikasi ini dibuat untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat mendapatkan layanan di Korlantas, salah satunya perpanjang SIM secara online.

Lantas bagaimana cara perpanjang SIM online lewat aplikasi Digital Korlantas? Berikut ini Admin telah merangkum langkah memperpanjang SIM online, sebagaimana dirangkum dari laman resmi Digital Korlantas Polri, Kamis (6/1/2022).

Perlu diketahui sebelum melakukan perpanjangan SIM Online pastikan untuk menyiapkan beberapa dokumen, yakni KTP, SIM lama, Tanda Tangan di atas kertas putih, dan pas foto dengan background biru.  Download aplikasi "Digital Korlantas Polri" di Play Store di tautan berikut.

Aplikasi ini juga tersedia di App Store yang bisa diunduh lewat link ini.  Setelah aplikasi terpasang di perangkat, masukkan nomor handphone Anda, kemudian masukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS dan verifikasi data.

Kemudian buat PIN untuk keamanan. Verifikasi KTP dengan mengambil swafoto. Pada halaman utama, pilih menu “SIM”, lalu klik “Perpanjangan SIM”. Lanjutkan dengan memilih jenis SIM.

Kemudian, akan muncul beberapa syarat untuk melanjutkan proses.

Setelah itu, masukkan nomor SIM dan dokumen berupa foto fisik KTP, foto fisik SIM, dan tanda tangan di atas kertas putih, pas foto dengan background biru tidak menggunakan kacamata dan penutup kepala seperti topi/peci, dan tidak menggunakan baju berwarna hijau.

Isi data untuk keperluan SIM seperti nama, alamat, golongan darah, pekerjaan, dan lainnya.  Setelah mengisi seluruh data kemudian Anda menuju laman https://erikkes.id/ untuk melakukan tes kesehatan.

Unduh aplikasi http://app.eppsi.id/ untuk melakukan pemeriksaan psikologi. Situs tersebut hanya bisa diakses lewat mobile.

Setelah hasil tes kesehatan dan psikologi tercentang, Anda akan masuk ke tahap selanjutnya yaitu memilih lokasi Satpas sebagai lokasi penerbitan SIM.  Anda dapat memilih Satpas yang mudah dijangkau.

Setelah memilih Satpas, lanjutkan ke proses pembayaran seperti langkah berikut:.  Masuk ke menu rekening pengembalian dan isi rekening Anda. Rekening pengembalian berguna jika pengajuan SIM yang Anda lakukan gagal sehingga dana dapat dikembalikan secara langsung melalui rekening tersebut.

Masuk ke menu pengambilan. Pengguna dapat memilih untuk pengambilan sendiri langsung ke kantor Satpas, dikirim melalui kurir, atau diwakilkan oleh orang lain dengan syarat menggunakan surat kuasa.  Setelah itu masuk ke menu pembayaran.

Pengguna akan diarahkan untuk membayar melalui BNI Virtual Account.  Setelah berhasil, tunggu kurang lebih 3 hari kerja sampai SIM selesai dibuat. Anda juga dapat memantau perkembangan SIM Anda di menu transaksi.

Adapun rincian biaya perpanjang SIM berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 adalah sebagai berikut:.  Biaya perpanjang SIM A dan A umum: Rp 80.000.  Biaya perpanjang SIM B1 dan B1 umum: Rp 80.000.

Biaya tersebut belum termasuk biaya tes kesehatan, tes psikologi, dan jasa pengiriman jika memilih untuk dikirim langsung ke rumah. Itulah cara perpanjang SIM Online dengan aplikasi Digital Korlantas.

Memilih lokasi Anda membantu kami memberikan harga yang akurat, ketersediaan stok, dan menemukan cabang terdekat untuk Anda.  Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah dokumen resmi yang wajib dimiliki oleh seluruh pengendara kendaraan bermotor di Indonesia.

Sayangnya, dokumen ini tidak berlaku seumur hidup layaknya KTP sehingga setiap lima tahun sekali AutoFamily harus memperbarui atau memperpanjangnya. Namun, Anda tidak perlu repot karena ada cara perpanjang sim online bogor yang sangat membantu.

Memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) saat ini tidak serumit dulu, cukup menggunakan perangkat Anda dan koneksi internet, maka proses yang satu ini menjadi sangat mudah. Inilah cara perpanjang SIM online terbaru yang harus Anda ketahui.

Bagaimana Cara Perpanjang SIM Online

Satu hal penting yang harus Anda ketahui sebelum beranjak ke cara perpanjangan Surat Izin Mengemudi atau SIM secara online adalah persyaratan yang harus disiapkan sebelum pengajuan.

Sebab, banyak pemohon SIM yang mengeluhkan proses layanan perpanjangan sangat ribet dan berbelit sebagai akibat dari tidak menyiapkan seluruh persyaratannya terlebih dahulu.  Ada beberapa ketentuan yang harus Anda penuhi saat akan mengajukan permohonan perpanjang SIM.

Berikut di antaranya:.  Permohonan perpanjang SIM wajib dilakukan sebelum masa berlakunya berakhir. Kebijakan tentang pemilihan tanggal pengajuan diberikan kepada pemohon untuk memilihnya sendiri, asalkan tanggal yang dipilih belum melewati tanggal habis waktu berlaku.

Jika ternyata permohonan perpanjangan SIM dilakukan setelah lewat waktu masa berlaku, maka permintaan akan diproses ke pembuatan SIM baru sesuai dengan golongan yang dimiliki dengan menyiapkan dokumen persyaratan yang tadi sudah disebutkan.

Pengajuan memperpanjang masa berlaku SIM dapat dilakukan di Satpas atau tempat pelayanan lain di seluruh kota di Indonesia sesuai dengan tempat tinggal pemohon. Setelah dokumen terkumpul dan berbagai syarat dipenuhi, permohonan SIM dapat diajukan ke petugas bagian identifikasi dan verifikasi di Satpas atau tempat pelayanan SIM lainnya.

Menyiapkan biaya PNBP SIM perpanjangan sebesar Rp80.000. Biaya perpanjangan SIM ini berlaku tidak hanya untuk SIM A, tapi juga SIM A Umum, B1, B1 Umum, B2, dan B2 Umum. Sedangkan untuk SIM C biayanya sebesar Rp75.000 dan SIM D Rp30.000.

Kemudian untuk pengajuan yang dilakukan secara online, ada biaya administrasi Rp5000. .  Nah, agar pengajuan perpanjangan SIM Anda lancar, berikut persyaratan administrasi pengajuan perpanjangan yang harus disiapkan, melansir langsung dari website Korlantas Polri: .  Pemohon perpanjangan SIM wajib mengisi formulir yang sudah disediakan di website Korlantas Polri, seperti nama lengkap sesuai KTP.

Menyiapkan data Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli setempat yang masih berlaku sebagai bukti bahwa pemohon adalah Warga Negara Indonesia (WNI). Jika pemohon adalah Warga Negara Asing (WNA), maka data informasi yang harus disiapkan adalah dokumen keimigrasian.

Bila segala dokumen dan persyaratan sudah siap, Anda bisa mulai cara perpanjang SIM online melalui website http://sim.korlantas.polri.go.id/devregistrasi/ . Seperti ini langkah-langkahnya:.  Buka website Korlantas Polri dan pilih menu pendaftaran SIM online.

Selanjutnya, klik opsi Perpanjangan SIM pada kolom isian jenis permohonan. Isi seluruh kolom isian pada formulir permohonan perpanjang SIM. Masukkan kode verifikasi, lalu klik tombol kirim. Pada tahap ini, Anda sudah selesai registrasi.

Bukti registrasi akan dikirimkan ke email nantinya.

Lakukan pembayaran biaya perpanjang SIM pengajuan perpanjang SIM di EDC, ATM, atau teller bank BRI. Datang ke tempat SIM keliling/Satpas/gerai pelayanan yang telah dipilih saat registrasi online, dengan membawa dokumen persyaratan, bukti registrasi, dan bukti pembayaran.

Mudah sekali, bukan, cara perpanjang SIM online melalui website Korlantas Polri dan HP untuk membantu proses registrasi? Dengan layanan perpanjangan SIM secara online dan melalui HP.