Menag: Cap Label Halal MUI Tidak Berlaku Lagi - DANA KAGET
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menag: Cap Label Halal MUI Tidak Berlaku Lagi

label halal mui,label hal mui dicabut,logo halal baru 2022,logo halal baru kemenag,logo halal baru mirip wayang,logo halal baru mui,logo halal baru filosofi,dana kaget,

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyebutkan cap label Halal MUI (Majelis Ulama Indonesia) sudah tidak berlaku kembali.

Hal tersebut dikatakannya di account Instagram sah @gusyaqut ini hari, Sabtu (12/3/2022).

"Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama memutuskan cap Halal yang berjalan secara nasional. Penentuan cap label Halal itu dituangkan dalam Keputusan Kepala BPJPH Nomor 40 Tahun 2022 mengenai Penentuan Cap Halal," tulisnya.

"Di saat-saat mendatang, dengan bertahap cap label Halal yang diedarkan oleh MUI dipastikan tidak berlaku kembali. Sertifikasi Halal, seperti ketetapan Undang-undang, diadakan oleh Pemerintahan, tidak lagi organisasi masyarakat," sambungnya.

Selanjutnya, lewat info sah Kementerian Agama lewat Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) memutuskan cap label Halal itu berlaku efisien terhitung semenjak 1 Maret 2022.

Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham menerangkan, penentuan cap label Halal ini dilaksanakan untuk melakukan ketetapan Pasal 37 Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 mengenai Jaminan Produk Halal (JPH).

Di mana penentuan ini sisi dari penerapan instruksi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 tahun 2021 mengenai Penyelenggaraan Sektor JPH.0.

"Melakukan instruksi ketentuan perundang-undangan terutamanya Pasal 37 Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 mengenai Agunan Produk Halal, karena itu BPJPH memutuskan cap label Halal berbentuk simbol seperti yang sah kita sertakan dalam Keputusan Kepala BPJPH," bebernya lewat info yang diterima, Sabtu (12/3/2022).

Sementara, Sekretaris BPJPH Muhammad Arfi Hatim menjelaskan, pencantuman cap label Halal Indonesia harus dilaksanakan pada paket produk. Dapat terpasang pada bagian tertentu dari produk.