Pemicu Naiknya Bill Indihome, First Media, Biznet, MyRepublic, dan Iconnect per April 2022 - DANA KAGET
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemicu Naiknya Bill Indihome, First Media, Biznet, MyRepublic, dan Iconnect per April 2022

Penyuplai service internet seperti Indihome First Media, Biznet, MyRepublic, dan Iconnect solid meningkatkan bill-nya mulai April 2022.

Peningkatan bill perusahaan penyuplai internet itu terkait dengan peraturan pemerintahan yang meningkatkan biaya Pajak Bertambahnya Nilai (PPN) dari 10 % jadi 11 %.

,Indihome,First Media,Biznet, MyRepublic,Iconnect,

Ketetapan peningkatan biaya PPN ini merujuk Undang-Undang Nomor tujuh tahun 2021 mengenai Harmonisasi Ketentuan Perpajakan (HPP).

Hal itu tadi yang mengakibatkan Indihome First Media, Biznet, MyRepublic, dan Iconnect beramai-ramai memberitahu ke konsumen setianya jika bill akan naik per April 2022.

IndiHome

Salah satunya perusahaan penyuplai service internet yang sudah lakukan publikasi peningkatan harga bill ialah Indihome.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono menjelaskan akan patuhi peratuan yang sudah diputuskan pemerintahan berkenaan biaya PPN.

"Sebagai BUMN, tentu saja Telkom akan patuhi ketentuan pemerintahan yang sudah diputuskan, dalam masalah ini peralihan nilai PPN jadi 11 % yang diterapkan semenjak 1 April 2022," kata Pujo, merilis KompasTekno, Minggu (3/4/2022).

First Media dan MyRepublic

Selainnya Indihome, First Media sudah lakukan publikasi pernyataan berkenaan peralihan Biaya PPN dari 10 % jadi 11 % mulai 1 April 2022".

"Tambahan ini akan dikenai pada keseluruhan ongkos abonemen paket yang Anda punyai berlaku mulai 1 April 2022," catat First Media dalam surat pemberitahuannya.

Begitu halnya penyuplai service internet MyRepublic yang dijumpai sudah mengirimi e-mail pernyataan ke konsumen setia berkenaan peningkatan biaya PPN.

Biznet dan Iconnet

Perwakilan Corporate Communication Biznet menjelaskan penghitungan bill yang baru dengan mengaplikasikan biaya PPN 11 % berlaku per 1 April 2022.

"Tetapi untuk harga service kami tidak alami peralihan dan masih sama dengan awalnya, hingga tambahan ongkos yang berbeda cuman pada nilai PPN-nya saja," bebernya.

Dalam pada itu, Iconnet punya PLN Perusahaan Listrik Negara (PLN) ditegaskan bill awal bulan April akan naik.

Tetapi, perwakilan Corporate Secretary Iconnet memperjelas jika harga berlangganan Iconnet tidak alami peningkatan.

"Biaya Iconnet tidak alami peralihan. Dengan rekonsilasi besaran pajak yang baru, karena itu peningkatan harga (bill) karena elemen PPN mulai berlaku," kata perwakilan Corporate Secretary Iconnet.

Oxygen Tidak Naik

Walau Indihome, First Media, MyRepublic Biznet, dsn Iconnect solid meningkatkan bill-nya, Oxygen.id mengeklaim tidak dipengaruhi dengan biaya PPN 11 %.

Reynatte Devi sebagai Head of Public Relations Oxygen.id menjelaskan tidak membebankan peningkatan biaya PPN itu ke konsumen setianya.

"Management telah setuju jika ongkos tambahan PPN 1 % itu akan seutuhnya dijamin oleh Oxygen.id, dan tidak memperberat konsumen setia lama atau baru," kata Reynatte.

Maka dari itu, bill bulanan Oxygen.id tetap dan tidak naik per April 2022.